-->

Tahun 2016 Ingin Punya Rumah? Lakukan 6 Tips Ini!

Anda tentu memiliki resolusi 2016 kan? Apakah salah satunya ingin punya rumah? Untuk bisa punya rumah, tentunya harus mempertimbangkan beberapa hal. Lalu bagaimana caranya? Mudah! Cukup baca dan lakukan 6 tips ini, maka resolusi Anda untuk punya rumah pada tahun 2016 akan terwujud.

1. Menabung

Langkah pertama mewujudkan resolusi Anda untuk punya rumah yaitu dengan cara menabung. Ketika memutuskan untuk menabung, maka Anda harus konsisten menentukan nominal yang akan ditabung setiap hari atau setiap bulannya. Apabila sudah menabung sejak lama, berilah target sampai kapan Anda akan menabung untuk membeli sebuah rumah. Dengan demikian, Anda akan segera punya rumah impian dalam waktu yang tidak lama lagi.

2. Sesuaikan Keuangan

Setelah tabungan dirasa sudah cukup, langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah menyesuaikan hasil tabungan dengan rumah yang akan dibeli. Menyesuaikan kemampuan dalam hal keuangan adalah hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli rumah. Ketika memutuskan untuk membeli rumah, Anda harus menyiapkan uang sejumlah harga rumah tersebut. Jangan pernah memaksakan diri untuk membeli rumah yang di luar batas kemampuan keuangan Anda.

3. Tentukan Cara Pembayaran

Seperti yang kita ketahui bersama, cara pembayaran rumah bisa dengan cara tunai maupun kredit. Masing-masing cara pembayaran tentu memiliki keunggulan. Untuk cara pembayaran tunai, Anda tidak perlu memikirkan cicilan setiap bulannya. Namun untuk cara pembayaran kredit, Anda cukup menyediakan dana 20-30 persen dari harga rumah. Apabila masih terhambat dengan keterbatasan biaya, maka kredit adalah cara yang tepat untuk mewujudkan resolusi Anda

4. Pastikan Jumlah Cicilan

Ketika Anda memutuskan untuk membeli rumah secara kredit, maka salah satu hal yang perlu diperhatikan yaitu cicilan per bulannya. Cicilan per bulan setiap rumah tentu akan berbeda, sesuai dengan harga dan tenor yang telah disepakati. Untuk itu, pastikan cicilan rumah yang dibeli tidak lebih dari 30 persen penghasilan Anda per bulan. Jangan memaksakan memilih cicilan rumah di luar kemampuan Anda ya,

5. Pilih Rumah Baru atau Bekas

Setelah keuangan dinilai sudah siap, hal lain yang biasa dipertimbangkan yaitu memilih rumah baru atau bekas. Membeli rumah baru memanglah perlu mengeluarkan uang yang lebih besar dibandingkan dengan rumah bekas. Namun dengan membeli rumah bekas, Anda juga harus menyiapkan dana untuk renovasi karena komponen yang ada di rumah bekas susah tidak sebagus rumah yang baru. Jadi, Anda mau memilih yang mana?

6. Pertimbangkan Lokasi

Ya, hal berikutnya yang perlu Anda pertimbangkan adalah lokasi dari rumah yang akan dibeli. Tentu Anda tidak ingin mengeluarkan uang lebih untuk transportasi kan? Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah rumah yang letaknya tidak terlalu jauh ke kantor dan sarana umum lainnya. Selain tidak perlu mengabiskan uang banyak untuk transportasi, letak rumah yang strategis tidak akan menguras tenaga dan menghabiskan waktu Anda.

Itulah 6 tips yang dapat Anda lakukan untuk mewujudkan resolusi punya rumah tahun 2016. Cukup mudah bukan? Semoga dengan melakukan 6 tips tersebut, resolusi Anda akan segera terwujud ya.(urbanindo)

Click to comment